People And Attitude #2

I can’t trust people easily because they often let me down. Contohnya si A selalu berulang kali minjem uang dan barang tanpa punya itikad baik buat balikinnya. Satu dua kali aku ga masalah walaupun dalem hati mikir “Sejak kapan ya gue harus menanggung biaya makan dia saat itu juga uang kiriman ibu sama bapak? Kenapa gue baik banget ya merelakannya seakan-akan dia harus dimaklumi terus-menerus biar seenaknya kaya gitu? Then I stop. Aku ga akan percaya lagi buat minjemin uang ke dia. Tentu beda lagi kalo sama temen yang tahu etika minjem-minjeman itu kaya gimana, aku gak akan sungkan untuk meminjamkannya.
Begini, pinjam meminjam uang sama temen itu ga bisa dianggap hal sepele. Gak bisa kamu seenaknya mikir “Tenang ajalah gampang ketemu lagi ama dia tar bayar,”. Gak bisa. Yang namanya temenan itu ada etikanya. Itu juga kalo kamu cukup peka dan pintar ya soal etika. Tapi kalo kamu mikirnya “Apaan sih temenan yang asyik-asyik ajalah, ini baru namanya temenan susah senang bersama,” Then you die.
Etika tuh penting banget karena itu bakal menunjukan kamu orang yang kayak gimana di mata orang lain. Aku gak setuju tuh sama istilah “Yang namanya sobat bisa diutangin kapan aja,” atau “Kan persahabatan namanya juga gapapa kalo semua ditanggung bareng,”. Ugh swallow mind. Ngapain punya temen kerjaanya nyusahin? Aku pernah diceritain sama bapak kalo kamu ngutang ke temen dan lupa bayar itu dosa banget. Tanpa kamu sadar temen yang kamu pinjem uangnya itu bisa aja lagi butuh uang banget tapi segan nagihnya.
Lagi-lagi membantu orang yang lagi butuh dan membantu orang yang ga tau diri itu beda.
Jadi harus gimana? Sebisa mungkin hindarilah pinjem uang ke temen, kalo minjem langsung catet di HP dan jangan dientar-entar, daaaaan mesti tau kapan waktunya ngasih bantuan dan harus mikirin diri sendiri.
Emang mau terus-terusan hak yang harusnya dipake buat kebutuhan sendiri dipake sama orang yang bahkan ga inget buat bayar kewajibannya ke kamu? Jangan sampai yaa. Yang harus dibahagian itu diri sendiri sama keluarga, buat sisanya perhitungan dikit gak apa-apa. Because… Always put anybody else on everything before you it’s suck.

Cheers!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s