Childhood Home

Tadi aku telfonan sama Riki seperti biasanya, nanya kakaknya kenapa karena kayaknya lagi galau banget dan Riki cerita sidang kakaknya diundur lagi. Padahal ayahnya udah berencana buat pensiun kalau kakaknya udah beres kuliah. Tadinya kan mau pensiun tahun 2018, tapi kata si Riki kasian juga kerja mulu. Aku juga baru tau ibunya Riki udah lama berhenti kerja, meskipun kata si Riki: “Udah cerita dari duluuu, udah lama banget gak pernah dengerin sih” katanya.
Semenjak berhenti kerja, ibunya cerita ke Riki kalo di rumah jadi bingung mau ngapain. Sama kayak ibu aku pas berhenti ngewarung. “Sedih juga sih ibu aku ngomong ‘Jadi bingung di rumah mau ngapain. Kalo Iki masih SMP, Mamah masakin makanan buat nebus soalnya dari kecil Iki sering ditinggal-tinggal”. Hiks. Terus aku nanya kalau ayahnya pensiun berarti kan pindah ke rumah yang di Bandung, rumah yang di Cilegon bakal dijual dong? Terus Riki bilang gak ada pilihan lain selain dijual karena ga akan ada yang ngurusin juga.
“Padahal disitu ada ari-ari aku,” kata Riki.
Terus aku cerita betapa gak maunya aku kalo rumah sampe dijual karena itu bener-bener tempat aku tumbuh dan ah banyak kenangannya banget. Bahkan aku pernah nangis terus-terusan pas dulu waktu SMP orangtua aku bilang mau ngejual rumah aku.
“Kayaknya jahat banget Ki kalo dijual,”

Terus Riki jadi cerita betapa senang dan bahagianya ngehabisin masa kecil di rumah bibinya yang sering ngasuh dia.
“Semua keluarga aku tiap aku pulang sekolah ngumpul di situ. Rameee banget, maen PS sambil disuapin udahannya sepedahan, sedih juga kalo rumah itu ga sama bibi aku lagi soalnya kan rumah negara jadi kalo bibi aku pensiun bakal dibalikin lagi,” kata Riki.

Ah, jadi sedih. Semoga walaupun semua hal udah berubah, kenangan-kenangan pas masih kecil di rumah tempat kita dibesarkan gak menghilang ya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s