Glory Box

Duh

Seorang teman membagikan poster acara musik berbalut kegiatan amal tahunan yang rutin diadakan salah satu fakuktas di kampusku setiap tahunnya. Pas liat guest starnya… Biasa aja. Ada SORE yang sayangnya pertama kali aku tonton waktu di Jakarta tampil (menurutku ya) mengecewakan dan bikin aku jadi agak males nonton mereka lagi. Lalu ada salah satu band kampus yang pernah jadi juara FORSI, acara tahunan kampusku juga dan waktu itu aku jadi panitianya. Terus aku jadi inget sesuatu sama band dari fakultas budaya ini. Waktu itu, tahun 2014 aku menonton penampilan mereka di pra event dan yah buat ukuran band kampus penampilan mereka oke dari segi pembawaan lagu (mereka aransemen ulang lagu-lagu populer dengan balutan ska dan reggae), mereka berhasil bikin aku dan penonton lainnya goyang-goyang. Simpulannya, mereka memberikan kesan yang bagus buat aku saat pertama kali menonton mereka. Lalu beberapa minggu kemudian aku diminta untuk standby fotoin lomba cabang band. Jadi FORSI tuh semacem olimpiadelah ada banyak cabang lombanya. Nah aku pun standby dari penampilan pertama banget. Aku lihat jurinya, siapa nih gak ada yang kenal. Tapi si panitia mengenalkan mereka sebagai ahli musik, anak band terkenal, paham urusan beginian pokonya.

Satu-satu penampil pun naik panggung, rata-rata mainin musik jazz, pop dan rock serta aransemen ulang lagu. Ada satu band dari kampus Bandung yang bawa amunisi satu vokalis cewek satu vokalis cowok satu pemain saksofon satu pemain bass satu pemain keyboard satu pemain gitar dan satu pemain drum, yang masing-masing dari mereka cakep-cakep tapi ya Tuhan pas bawain Love Never Feel So Good cemprengnya astagfirullah. Pokonya “Guys, meskipun kalian sudah dandan cantik dan cakep dengan harapan bisa punya kharisma oke dari alat musik yang kalian bawain tapi ga ada yang bikin penampilan kalian berkesan buat aku sorry”.

Nah tiba-tiba, muncul sekumpulan pria denga kumis palsu dan kalo ga salah pake sarung yang naik ke atas panggung.

Kok gak asing ya?

Mereka pun bawain lagu pertamanya dan sekumpulan orang maju ke deket panggung buat nari-nari.

Kok?

Lalu lagu kedua dibawakan. Lagu punyanya Bruno Mars yang judulnya Just The Way You Are. Dengan balutan musik ska. Dengan gimmick dari vokalis yang sama. Astaga ini kan band yang tampil di pra event kemarin dan udah pernah jadi juara FORSI tahun 2013?! Astaga mereka kan udah bawain lagu ini di pra event beberapa minggu lalu?

Kok gak kreatif-kreatif amat?

Ternyata karena band yang udah pernah jadi juara gak boleh ikutan lomba lagi mereka pun ganti identitas dan ganti nama sebentar cuma buat ikutan lomba band tahun berikutnya. Tau yang bikin aku kaget? Si juri bilang gini “Nonton penampilan kalian yang tahun lalu sama tahun ini masih sama feelnya, edan!! Kalian teh ngapain sih ikut lomba-lomba begini? Udah pantesnya jadi band pro! Liat ga gimana kalian bisa bangun atmosfer penonton sampe edan gitu?! Two thumbs uuuuup buat kalian!!”

Dan aku tertegun. Ini juri udah pernah liat penampilan mereka tahun sebelumnya, plis jangan bilang tahun lalu mereka bawain Just The Way You Are juga, lagi-lagi aku bergumam dalam hati. Kok gak kreatif-kreatif amat ya?

Kekesalan aku hari itu makin diperlengkap dengan ditasbihkannya si band yang doyan bawain Just The Way You Are itu sebagai juara pertama. Ya, mereka jadi juara pertama buat kedua kalinya dengan penampilan yang itu-itu aja. Sayang banget. Mereka bisa sukses bikin penonton nyanyi-nyanyi, nari-nari sama mereka tapi pada mentok bawain lagu-lagu itu aja, dengan aransemen yang sama, gimmick yang sama, dan aku mesti bilang mereka kayanya ga niat latihan dan udah pede dengan lagu andalannya itu, daaaan ikut lomba yang mestinya gak usah dijadiin bantu loncatan lagi.

Tolong jangan bilang di acara yang posternya dibagiin temen aku itu mereka akan bawain lagu Just The Way You Are lagi dengan aransemen dan gimmick yang sama lagi.

Duh.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s