Glory Box

Manners Maketh Man

Majalah Gogirl! pernah bikin polling kecil-kecilan buat para cewek pertanyaannya “Apa yang bikin kalian jatuh hati pertama kali sama seorang cowok? Kebanyakan bilang penampilan memang jadi hal pertama yang gak bisa dipungkiri sangat berpengaruh saat menyukai seorang cowok. Sementara menurutku? Ya penampilan pasti jadi hal pertama yang dilirik tapi hal yang paling penting cowok itu mesti pintar dalam arti asik dan nyambung diajak ngobrol banyak hal dan selera musiknya bagus, bagus menurut aku ya karena aku percaya selera musik seseorang memengaruhi kepribadian orang tersebut.

Lantas pacar aku yang sekarang, yang udah mau lima tahun bareng aku ini jujur bukan cowok ganteng dengan badan atletis. Dia biasa aja, gemuk, gak tinggi-tinggi amat dan bukan tipe orang yang berteman ke sana-sini. Bukan sekali atau dua kali orang yang tau dia pacar aku bilang, dengan sangat berhati-hati “Aku kira pacar kamu kayak gimana gitu Fir..” Bahkan ada teman sekelasku di kuliah ini yang ngomong “Liat pacarnya si Firda gak? Mirip si A anak Mankomlah hahaha”. Aku gatau si A itu siapa, tapi yang jelas temen aku ini, seorang cowok yang kayaknya suka banget ngomentarin segala hal dan bikin ejekan soal orang yang bahkan gak dia kenal sama sekali. Aku marah dong dan cerita ke pacar aku, tapi dia biasa aja “Gak kenal juga kurang kerjaan dia”, ujarnya.

Saat magang di Jakarta kemarin temen cowok aku ini kelimpungan karena ga paham sama sesuatu yang dia liput dan minta bantuan aku. Awalnya aku ngerasa sebel dan pengen rasanya ngejutekin dia, tapi aku gak tega dia jadi ga punya bahan tulisan. Aku pun lupain ejekan yang dia kasih ke pacar aku itu dan ngasih tau semua hal yang aku tau soal liputan itu.

Saat cerita ke Mumut dan Cendi soal temen cowok aku ini mereka intinya bilang hal yang sama, cowok ini tipikal orang  yang minta tolong tiba-tiba kalo ada butuhnya doang. Tapi saat aku bilang rasanya mau banget ngejutekin orang ini, Mumut nge-Line “Jangan Fir justru kamu mesti tunjukin ke dia kalo kamu tau diri” sedangkan Cendi bilang “Manners Maketh Man Fir kalo kata Kingsman”.

Iya bener banget. Manners maketh man! Bukan penampilan yang bikin seseorang dianggap sebagai pria, tapi kelakuan alias sikapnya. Maksudku bukan sikap ngerokok atau mabok, punya tato, hobi balapan, bukan. Aku percaya hal-hal yang sering dilabeli sebagai hal yang bikin seorang cowok nakal itu gak berlaku. Aku punya banyak kenalan yang ngerokok, tatoan, suka mabok nyatanya anak baik-baik yang taat sama orang tua dan gak bikin keributan kok.

It means that a man is nothing if he does not have manners and that the sum of his being can be defined by how well heeled he is and how a considerate persona typifies a gentlemans worth. 

In other words having manners and being considerate and treating people with respect is what defines a man and makes him a man that ability to show humility and kindness is what defines that person and probably we think and we should know that it’s what defines a human being.

Richard C

Dan ya sejujurnya aku belum pernah lagi ketemu cowok yang sangat respect dan baik sama orang-orang kayak pacar aku yang sekarang ini. If you know what I mean 😉

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s