Glory Box

Note to My Self

Aku bangun tidur dan entah kenapa ujug-ujug cemas akan komentar-komentar orang yang sering bikin tertekan. Pastinya bangun tidur dengan perasaan kayak gitu gak enak ya? Padahal belum tentu orang-orang itu bakal berkomentar buruk atau ngasih feedback yang negatif tapi aku merasa perasaan insecure itu datang dari opini-opin negatif terhadap diri aku, datang dari orang-orang bahkan yang terdekat sekalipun dan seringnya membuat aku ngedown, bikin gak percaya diri dan barusan nyadar, “Ya Allah jangan-jangan selama ini yang gak membuat aku berkembang dan percaya diri buat ngelakuin apa yang aku kira bisa itu karena opini-opini negatif orang?”.

And I just find out this insecure feeling comes from those negative opinion, yes terus aku membaca sebuah artikel yang menohok.

“Mau sampai kapan opini-opini negatif orang yang gak membuat kamu berkembang menentukan arah hidup kamu?” tulis artikel itu. Bedakan sama kritik yang memang membangun, opini-opini negatif nyatanya gak akan membawa kamu kemana-mana. Jujur aku juga gak tau kenapa bangun tidur langsung kepikiran gini.

Terus aku berpikir, kalo aku melakukan A atau B atau C bakal akan ada terus yang berkomentar gak baik kan? Iya, kita emang gak akan pernah bisa menyenangkan semua orang. Mungkin selama ini aku selalu membuat komentar-komentar negatif itu memengaruhi hidup aku dan rasanya menampar banget.

Terus aku bercermin sama diri sendiri. Aku sendiri masih sangat suka berkomentar buruk terhadap seseorang hanya dari tampilan luarnya aja, menilai seseorang yang aku gak terlalu kenal, mempermasalahkan keputusan hidup orang lain yang sebenernya gak ada hubungannya sama aku, selalu berprasangka buruk ya ampun beneran ini menampar banget gak tau dan parahnya suka mempermasalahkan orang-orang kayak gitu tapi sendirinya masih kayak gitu aja. Rasanya aku bangun tidur dan langsung mikir kayak gini tuh, kayak ada yang salah sama diri aku selama ini. Sesuatu yang negatif bakal menghasilkan yang negatif lagi dan sama halnya dengan hal yang positif. Cheesy tapi aku mengalaminya. Aku pun gak bisa memungkiri kalo aku adalah orang yang suka negative thinking dan lebih parahnya membiarkan kenegatifan itu menguasai diri aku. Bahaya!

*menghela nafas*

Pasti bakal susah banget buat aku untuk menghilangkan kebiasaan-kebiasaan buruk itu tapi aku mau berusaha, beneran, ngurang-ngurangin kenegatifan ini, pengen mencoba buat gak gampang menghakimi seseorang ataupun keputusannya tanpa menjadi over positive atau over optimistic. Bukannya sok-sok’an tapi baru ngeh sekarang kalo selama ini aku  udah terlalu negatif. Lagi-lagi pasti susaaaaaaaaah banget buat mengubah kebiasaan ini tapi aku mau mencobanya walaupun pelan-pelan, ya, mencobanya, harus!

image

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s