Me and Sister #2

Beberapa minggu yang lalu saat aku pulang ke rumah, aku dan adikku Hilmi makan di dapur, kami ketawa-ketawa mengingat beberapa hal soal Bapak. Gatau ya, aku sama Hilmi tuh mirip temen deket, ngomong pun cenderung tidak formal (pake “urang maneh”), apalagi semenjak satu kamar lagi, kami selalu menjuluki diri kami babi karena kerjaannya diem di kamar, tiduran dengan laptop di atas perut dan nonton film atau acara Korea berjam-jam. Ketawa-ketawa pada siang itu dimulai saat aku bertanya sama Hilmi.
“Sok apa aja tempat makan yang pasti Bapak datengin dan gak pernah berubah?”
Si Hilmi menjawab “Laksana!”
“Kalo batagor pasti batagor Isan,” ujarku.
“Kalo gehu pasti yang di Ciwidey yang isi bihun,” ujar Hilmi.
Dan bermunculan nama-nama tempat makan andalan Bapak aku yang gak pernah berubah. Ya kalo beli ayam bakar, ya yang di Pasir Jambu. Ya, kalo beli soto pasti Soto Bandung yang deket Sindang Reret. Ya, kalo beli roti bakar pasti yang di Ciwidey. Tapi tiba-tiba aku ketawa.
“Eh naon cing nu pasti dibeli ku Bapak walaupun tempatna beda-beda? Paaaasti dibeli!”
Si Hilmi menerka-nerka.
“Kue balok tau!” Lalu kami ketawa, Bapak aku emang pecinta kue balok, kayaknya itu satu-satunya makanan yang akan dibeli terlepas dari tempatnya dimana.
“Tapi Bapak makan Baso Akung da, udah gak Baso Oyen wae ai teteh,” sahut Hilmi.
Oh aku jadi ingat, waktu Hilmi masih SMP kami bertiga makan Baso Malang di deket Soreang, dalem hati tumben banget Bapak mau mencoba sesuatu yang baru. Entah selanjutnya ngomong apa, tiba-tiba keluar kalimat “Oh beli sosis nu dililit mienya, Dek?” Tapi si Hilmi langsung kayak teringat sesuatu. “Ih jadi pengen sosis yang dililit mie,” ujarnya.
“Ooooh nu di Saribundonya, ih adek masih inget?”
“Masiiiih, udah lama banget gak kesitu”
“Enya ih beneeeeeer, bener, bener banget! Kita harus kesitu lagi!”

Jadi inget kalo tempat makan Padang andalan Bapak aku juga Saribundo, tapi itu udah lama banget, pas kakak aku yang pertama masih ngekost di Dago. Jadilah pertanyaan mengingat-ingat ini bikin kami keingat banyak hal. Kami berdua ngakak parah pas inget waktu kecil aku dan Hilmi ditinggal berdua di rumah, lupa waktu itu aku kelas berapa, SD kayaknya. Di depan TV si Hilmi menggigil demam. Aku pun membungkusnya dengan selimut dan menjejali dia dengan Vitamin C wakakakakak dengan asumsi itu adalah obat. Asli ngakak banget kalo inget itu. Untung si Hilmi gak kenapa-napa aku jejali Vitamin C. Dan ajaibnya si Hilmi juga inget itu. Ada banyak banget kejadian lucu yang terjadi antara aku sama Hilmi, dan beberapa jam yang lalu dia curhat soal temennya yang masalahin si Hilmi telat melaksanakan sholat, sampe nyindir-nyindir lebay melebihi Mamah Dedeh, huft percayalah Dek orang kayak gitu sebenrnya gak pedeeeee ama dirinya sendiri dan senengnya menyudutkan orang lain biar dirinya keliatan powerful.

*udah ditulis lama tapi baru “berhasrat” ngepostnya sekarang*

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s