Korean Beauty Standard

Korea Selatan identik dengan K-pop dan itu harga mati yang gak bisa diganggu gugat. Menarik, saat melihat perubahan separuh orang di Korea Selatan sekarang dibanding 25 tahun yang lalu. Entah itu dari gaya berpakaian, dandanan atau bahkan penampilan fisik. Tapi, sebenernya jauh dibawah ngehipnya K-pop dengan segala pretelan visual atau dancenya banyak banget orang-orang Korea Selatan yang maju di jalur independen buat memperkenalkan karyanya dan gak semua gila ama patokan fisik perfecto itu. Musiknya Leesang, grup salah satu member Running Man, Kang Gary, mungkin gak akan dikenal sehits sekarang kalo dia gak ikut Running Man, karena sebenernya Gary bukan artis yang memulai karirnya di label mayor. Kalo aku gak nonton Running Man, mana mungkin aku tahu di Korea Selatan sana ada yang bikin musik semacam Leesang? Tapi kualitas musik yang Leesang bikin membuktikan Korea Selatan juga punya skena indie yang oke, walaupun gak seterkenal mereka yang masuk agency besar.

Kalo dari segi serial drama, siapa sih yang ga melahap mentah-mentah drama Korea dengan segala kisahnya yang bikin mengkhayal biar punya badan oke kayak Suzy? Aku bahkan udah menonton drama Korea dari SD dan kelanjutan ampe sekarang. Harus ku akui, serial Korea itu emang punya kualitas cerita yang oke, tentunya gak semua sih tapi eksekusinya udah menunjukan kualitas serial drama Korea berkelas dan niat. Intinya, dari segi industri kreatif, Korea Selatan itu udah maju banget.

Tapi Korea Selatan dengan segala prestasinya yang diamini oleh jutaan orang di seluruh dunia saat ini juga gak luput dari cap negatif. Ashly Perez, salah satu BuzzFeed creative worker pernah bikin tulisan berjudul “I’m Not Beautiful Enough to Live in Korea”. Ashly yang campuran keturunan Kuba-Korea Selatan ini bilang orang Korea Selatan udah terlalu gila dalam mematok standar kecantikan atau kegantengan di sana. Gila kan, betapa hebatnya efek industri hiburan di Korea Selatan sana dalam membentuk kepribadian orang-orangnya setidaknya dari sekarang sampe 20 tahun mendatang. Kemarin aku bilang sama temenku kalo aku gak percaya di Korea Selatan sana orangnya “baik-baik”. Maksudnya baik-baik di sini tuh “gak mempermasalahkan penampilan fisik”. Gak tau deh karena kebanyakan nonton tayangan Korea yang suka menonjolkan bully atau percakapan yang masalahin fisik, aku jadi ragu gitu. Apalagi kalo baca berita-berita di Koreaboo dan situs-situs berita hiburan Korea lainnya.

Makanan artis di sana itu kritik.

Miris liatnya, kayak orang tuh hidup, terus ngehibur lo abis-abisan, terus kalo jelek dibuang dicaci-maki, gak jelek pun dicari-cari kesalahannya. Aku rasa netizen yang hobi mengkritik itu punya masalah kejiwaan. Kayanya seneng amat jiwanya dipenuhi sama kebencian dan bikin orang terluka, padahal siapa sih mereka? Paling orang-orang cupu yang keyboard warrior be like gitu.

Di Korea sana, sekarang tuh lagi ngehits banget si Seolhyun AOA, idol yang digadang-gadang punya badan perfecto se-Korea ini umurnya baru 20 tahun. Tapi ada aja orang yang gak percaya kalau pantat si Seolhyun asli ampe niat banget ngumpulin foto dia dari berbagai angle, disebarin ke semacem forum diskusi gitu hingga akhirnya muncul berita “Netizen Yakin Pantat Seolhyun Hasil Rekayasa”.

LOL.

Terus dari beberapa variety show Korea yang aku tonton, kalo ada segmen yang memperlihatkan penampilan jadul seorang artis sebelum terkenal, biasanya dia akan malu abis-abisan dan meminta buat gak ditayangin. Saking gak pedenya kali ya? Huhu.

Terus aku membayangkan kalau aku yang super biasa ini sekolah di Korea gimana nasibnya ya? Bahkan di sebuah channel YouTube punya orang Korea yang suka kasih komentar-komentar gitu, Pevita Pearce aja dibilang hidungnya kegedean, dahinya kelebaran. Pevita Pearce lho…. Jadi penasaran deh standar cantik ama ganteng Korea itu kaya gimana sih?

-ditulis berminggu-minggu yang lalu tapi baru ingin posting sekarang

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s