Things About Cooking #2

Akhir-akhir ini setiap pulang dari kantor aku pasti mampir ke Superindo, entah itu buat beli roti atau air putih. Nah tapi beberapa hari yang lalu, gara-gara gak sengaja lihat di Explore IG ada foto Penne saus keju gitu aku jadi pengeeeen banget, banget, sebanget-bangetnya. Pokoknya udah mikirin mau beli Penne, Cabe Bubuk dll, biar macem Aglio Olio gitu. Eh pas nyampe Superindo, Pennenya mahal banget, 38 ribu dan isinya 500 gr, jelas terlalu banyak buat aku. Tapi karena udah ngidam pasta banget akhirnya aku beli Fusilli nya Lafonte yang 450 gr nya cuma 14 ribu hehe. Dasar otak emak-emak, imajinasi memasak aku pun muncul lagi. Dengan PD aku beli paprika yang satunya 13 ribu, roti baguette bawang kecil (ceritanya buat nemenin si Penne) sama Bon Cabe. Besoknya masak gitu dengan PD dan yakinnya bakal enak. Hmm dari penampilannya sih kayak enak tapi rasanya kurang nendang karena aku meniadakan garam dan mecin wkwk. Abis takut mubazir beli garam sebungkus.

image
Kameranya jelek, aslinya kayak pasta-pasta di kafe kok haha

Dan si paprika yang aku beli ga kepake lagi, tapi berhubung ini mahal haha jadi aku bawa aja ke rumah daripada mubazir kan sayang. Nah terus, karena si fusilli masih nyisa banyak, aku mencari ide menu lain yang gak mesti dikasih saus-sausan. Oh, iya telor dadar aja gampang! Plus karena lagi jaga pola makan, aku emang butuh protein banyak kan. Akhirnya kemarin aku beli telor dua biji dari Superindo. Mikirnya, kali ini gak akan masak di kompor listrik karena dulu pernah bikin telor disitu lengket banget wajannya. Jadi aku akan memasak di rice cooker aja muahaha. Udah sering sih baca pengalaman orang masak di rice cooker, tapi karena punya kompor listrik aku gak pernah make rice cooker buat masak. Bahan-bahan bikin telor dadar ini juga simpel hehe. Cuma 1 telor plus kuning, 1 putih telor, bawang daun, fusilli yang udah direbus segenggam, merica ama Bon Cabe. Sengaja satu kuning telornya aku buang, biar gak berlemak banget hehe. Nah awalnya, aku kasih minyak dulu tuh ke si tempat yang biada bikin nasi. Karena takut lengket aku ngasih minyaknya kira-kira 1 sendok makan. Terus kalo kata si Cendi sih tunggu aja ampe panas baru masukin telornya. Tapi karena aku gak sabar langsung aja aki cemplungin semuanya. Eh gak disangka, si telornya pas kena tempatnya langsung membentuk form yang mau mateng gitu which mean tempatnya udah panas!

image
Ehehe

Nah ternyata lagi, telor dadar ini gak lengket sama sekali! Pas aku balik berasa pake Happycall gitu haha gampang banget. Oke deh berarti laen kali minyaknya dikit aja!

image
Gampang sekali dibaliknya

Gak sampai dua menit telornya udah semi mateng gitu.

image
Lebih gampang ngebalik di rice cooker dibanding di wajan biasa

Nah setelah nunggu 5 menitan, telor dadar fusilli ala-alanya jadi juga!

image
Tadaaaa

LOL, tapi pas mau dibalik kedua kalinya pecah. Well, pengalaman masak di rice cooker ini out of expectation banget! Aku kira masak di rice cooker bakal lengket-lengket gitu ternyata nggak. Patut dicoba banget buat anak kosan yang gak punya dapur di kosannya, atau punya dapur tapi terlampau males berinteraksi dengan orang-orang yang tinggal deket dapur like me haha. Btw, telor dadar fusilli ini buat makan siang. Kalorinya kira-kira 400an tinggal tambah sayuran yang lain aja. Oh iya, udah hampir mau dua bulan ini aku mencoba menulis dan menghitung kalori yang aku asup. Tujuannya biar gak over eating, jadi walaupun gak turun berat badannya at least tetap bisa maintain berat badan. Menurutku nulis kayak gini bermanfaat, biar pas udah selesai beraktivitas kita bisa ngelihat makanan dan minuman apa aja yang kita asup ke dalam tubuh selama sehari. Buat tahu berapa kalori yang kita butuhka setiap harinya, cek BMR kamu di internet deh. Btw, BMR itu kebutuhan kalori yang wajib diasup ke tubuh dan akan terbakar dengan sendirinya sekalipun saat kita gak beraktivitas. Nah buat mengurangi BB kurangin aja jumlah BMR kita, dan sebaliknya, tambahin jumlah BMR kita kalo mau naikkin BB. So far, menghitung kalori yang diasup ini jadi semacem controller buat aku untuk membagi-bagi porsi makan. Pokoknya wajib makan tiga kalo sehari yaitu pagi, siang dan malam plus mesti diselingi snack. Nah snacknya aku milih buah-buahan kayak pepaya karena kalorinya rendah banget dan bikin pencernaah lancar. Sempet kemarin beli alpukat tapi karena kalorinya tinggi banget kayaknya aku gak akan beli alpukat lagi deh hehe. Sounds ribet ya itung-itung kalori? Menurutku simpel aja sih, ga usah dicatat angkanya, itung dalem hati aja hehe. Dan kalo bingung berapa kalori dari makanan yang kita asup cari aja di internet arau Fat Secret, lengkap kok. Misal kamu merasa jumlah makanannya gak sama persis kayak yang di internet, rata-ratain aja hehe. Intinya bikin perhitungan yang dirata-ratain aja karena yang paling pentinh jadi tahu aja udah berapa jumlah kalori yang kamu asup. Lama-lama jadi terbiasa sih. Tapi aku juga belom perfect banget jaga pola makannya karena masih suka makan yang digoreng hehe. Cuma ya udah mulai ngurangin nasi atau mengganti nasi kayak pas di runah kemaren dua hari aku mengganti nasi dengan singkong. Pelan-pelan aja hehe, kalo langsung berubah drastis yang ada kesiksa banget. Kalo kata Joanna Soh, YouTuber sekaligus nutritionist and trainer ini bilang:

“Diet is eating or drinking with a lot of restriction. Instead of dieting, it much better to changing your eating habit”.

Jadi menurunkan berat badan itu bukan cuma “mengurangi” tapi yang efektif dan manfaatnya berlipat-lipat ganda adalah “mengganti”. Haha udah kayak nutritionist banget ya ngomongnya. Sebenernya banyak banget yang mau aku tulis tentang nutrisi dan healthy eating ini. Tapi nanti aja deh kalo program dietnya Riki udah officialy jalan hehe biar kerasa progressnya.

Cheers!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s