To Start Living Healthy Challenge #1

Ada yang salah nih ama tubuhku akhir-akhir ini. Setelah dua bulan menjalani olahraga rutin selama lima minggu sekali yang porsinya ringan 3x intens 2x, lalu makan sayur dan buah rutin setiap hari, sama ngurangin makan gorengan, berat badanku berangsur-angsur turun dan stabil, badan ga cepet cape, bisa burpees 10 x :’), tidur enak dan ga terlalu laparan, tapi setiap akhir bulan jadi gampang sakit. Nah kenapa ya? Mulanya migren (emang penyakit langganan sih) terus sembuh, eh tiba-tiba meler parah ampe pernah buang ingus depan Cendi tuh ingus menutupi mulut aku saking banyaknya haha, sembuh eh terus batuk kering sampe dua hari yang lalu sakit nelen lagi, menggigil, demam dan badan super linu. Pas minum panadol enakan lagi tapiiii sekarang malah migren paraaaaaaaah banget sakitnya ampe bikin aku berdiri pun ga sanggup buat ga mengerenyit dan merem. Sakit banget kayak dipijet-pijet kasar. Setelah aku tanya Ibu, aku evaluasi semuanya, aku cari di internet, aku tanya temenku yang kuliah di kedokteran. Aku (mungkin) menemukan jawabannya. Di saat musim pancaroba gini, daya tahan tubuh emang jadi gampang menurun. Apalagi aku yang lagi coba benerin pola makan dan rutin olahraga, ada penyesuaian-penyesuaian ulang di tubuh aku. Kayak yang biasanya makan nasi 3x sehari jadi cuma sekali sisanya dua kali makan roti gandum pake selai kacang. Tubuh yang ga pernah rutin dipake olahraga tiba-tiba jadi rutin olahraga juga maunya membiasakan dulu. Nah, di tengah-tengah adaptasi ini tubuhku diuji juga sama cuaca. Iya sih selama bulan Maret aku hampir selalu keujanan dan menginjak genangan air kotor deket Jatos dan gak mandi hehe cuma cuci kaki doang abis dingin. Terus kemaren pas ke Pangandaran tiba-tiba dikasih cuaca panas. Dan kamar aku pun sangat berdebu (re: sprei selimut gak dicuci-cuci). Oh, higienitas! Iya sih aku mengakui kalo aku jorok banget, baju yang aku pake gak pernah dicuci udah hampir dua bulan he. Tapi the funny facts is aku baca di internet, saat penyesuaian di masa pola hidup sehat sebaiknya jangan berhenti terlalu lama atau mengambil jeda untuk tidak berolahraga terlalu lama karena bikin tubuh jadi bingung: “Ini gue mesti hemat energi apa gak sih sebenernya?”/ ” Jadi sebenernya gue perlu maintain si daya imun atau gak sih?”

Nah lho, tau aja ya tubuh haha. Jadi pas awal-awal migrain itu aku berhenti olahraga dulu karena takut sakit, eh pas sakit beneran jadi keterusan olahraganya cuma dikit. Oh ternyata itu ga baik ya…. Wow, ternyataaaa butuh ilmu yang bener banget buat mulai hidup sehat! Rencananya, kalo si migren gak sembuh-sembuh aku mau ke dokter lagi dan mengkonfirmasi semua hal ini hehe. Tapi pelajaran yang aku dapet adalah emang gak ada perjuangan yang gak ada rintangannya *halah*. Susaaaaah banget pengen mulai menjalani hidup sehat, apalagi pas mager olahraga 10 menit doang, pas liat baso, batagor, Cheetos, Lays. Tapi saat aku melakukan perubahan-perubahan kecil dan berusaha biar ga terpatok ama hasil kaya mulai ganti makan siang pake roti gandum, makan buah tiap hari, jumping jack doang 10x, gak ngabisin teh manis, aku merasa seenggaknya aku melakukan sesuatu. Yes! I made some effort and it’s really important no matter how small it is. Semoga badan ini cepet enakan biar aku bisa mengatur semuanya dari awal lagi.

Advertisements

2 thoughts on “To Start Living Healthy Challenge #1

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s