Top 5 Comfort Food at Jatinangor

Gak kerasa, rupanya aku udah empat tahun numpang tinggal dan hilir mudik di kecamatan kecil nan padat bernama Jatinangor. So far, aku seneng-seneng aja sih tinggal di sini, selain deket sama temen-temen, Jatinangor tuh udah semacem rumah kedua aku yang selalu dikangenin. Mungkin lebih tepatnya kangen kamar kosanku yang ngadep jalan raya dan super nyaman ini sih hehe, tapi ya tetep kan bagian dari Jatinangor juga. Selain suka kangen suasananya, aku selalu kangen, ngidam parah sama beberapa comfort foodku di Jatinangor. Iya, makanan yang gak bosen-bosennya dibeli tiap hari, pokoknya makanan andalan bangetlah! Banyak dan beragam banget sih makanan di Jatinangor tuh, dari warkop-warkop murah tapi super enak macem Hipotesa atau Pajawan, warteg-warteg maha murah dan legend kayak Kantin Mama atau Katineung ampe yang agak fancy dikit kayak Che.co, semuaaaaa ada! But, amongst all of them, I always stick with this 5 top comfort food!

1. Ayam Goreng Rahayu

Ayam goreng dengan bumbu sederhana plus usus dan kol goreng yang ditambah sambel merah pedes manis ini langganaaaaaaaaaan aku banget hampir setiap hari! Bener-bener truly comfort food. Berlokasi di depan kosan Mumut, Ayam Rahayu ini cuma berbentuk tenda macem tenda yang jualan pecel gitu. Lebih kecil malah. Tapi rasanya tuh enak banget dan gak tau kenapa gak bosen-bosen makan ini. Selain tergolong makanan yang praktis dan murah meriah, Ayam Rahayu ini punya kelebihan mutakhir lainnya yaitu si Aa’ yang jual maniiiis banget hahahaha. Super ramah, super pemurah senyum, super sopan, top deh! Makanya suka sedih kalo dia tiba-tiba gak jualan ampe berminggu-minggu hehe.

2. Soto Ayam Nayla

Wah, kalo ini sih emang super comfort food. Ada kemungkinan aku bakal ngidam parah sama soto ini kalo udah cabut dari Nangor. Soto Nayla ini sarapan berat bangetlah pokoknya haha. Terletak depan kostan aku, Soto Nyala adalah soto ayam legend di seantero Jatinangor bahkan sampe dapet julukan Soto Tuyul saking enaaaaaak banget. Topping sotonya tuh melimpah banget, kuahnya guriiih banget. Bisa minta pake kulit, pake tulang, pake ati ampela, komplit deh. Tapi yang the best tuh si serbuk koyanya dan pembeli bebas mau nambahin sebanyak apapun. Pokoknya di sepanjang hidupku makan soto ayam aku belom pernah nyicipin soto ayam yang seenak ini! Makannya jangan heran kalo yang antri banyaaaak banget, karena si soto ini terkenal banget. Saking banyaknya yang beli si tukang sotonya ampe nyewa satu ruangan kosong buat jadi tempat makan. Semoga aja tar dia bisa bikin restoran sendiri, jadi gak mesti pagi doang bisa beli sotonya dia hehe.

3. Ayam Goreng Laos

Ayam Goreng Laos adalah tempat makan yang aku percaya bisa laku kalo buka cabang di Bandung dan kota-kota gede lainnya. Kenapa? Karena restoran ini punya menu-menu dengan bumbu racikannya sendiri. Ada banyak pilihan menu ayamnya mulai dari ayam rica-rica, ayam kalasan ampe ayam Laos yang bertabur serundeng gula mania gitu. Rasanya emang khas, beda ama menu di restoran lain! Favoritku kalo makan disini sendiri adalah Ayam Bakar Padang. Ayam bakar super lembut disirem bumbu kuning (semacem bumbu opor) yang manis-manis gurih gitu, enak banget dan belom pernah liat menu kayak gitu di restoran lain. Udah gak keitung berapa kali pulang kuliah makannya iniiiii mulu hehe.

4. Uda

Uda sejatinya adalah rumah makan padang yang terletak di sebrang Polsek Jatinangor. Pernah makan dendeng sapi super kering ampe kriuk-kriuk gitu dan disirem cabe ijo plus tomat giling, dan kamu suka?? Kalo iya, maka kami wajib  makan disiniiiii! Dendeng keringnya enaaaaaaaaaaaaaaak banget. Duh pokoknya tiap dateng kesini which is kayaknya bisa 3 kali dalam seminggu haha, si dengdeng cabe ijonya tuh menggodaaaa banget. Super enak, enak dan enak. Jangan pernah dateng ke Uda jam 2 atau 3 karena pasti udah banyak lauk yang abis. Iya, yang ngefans ama Uda ini bejibun banget, kalo jam makan siang harus sabar ngantri parah deh. Gak heran sih, selain pilihan lauknya banyak dan enak semua, si Uda ini suka berbaik hati menambahkan tumis jengkol teri pedes gitu uuuh pokoknya the best nasi Padang in Nangor!

5. Kunst

Sebenernya dibilang comfort food yang sering dibeli juga nggak sih. Tapi Kunst ini salah satu tempat makan yang pasti aku kangenin suatu hari nanti! Kunst adalah kafe mungil yang terletak di pertigaan Dunkin Donut. Tempatnya cozy dan pastanya juaraaaaaaa banget. Menurutku Kunst adalah tempat makan spagheti terenak di Jatinangor. Favoritku adalah Salsa Rosa. Spagheti pake potongan tomat ama daging ayam gitu, sausnya gak banyak, gak oily juga, rasanya asem-asem gurih dan ngenyangin banget. Pokoknya kalo ke Kunst pasti aku mesen ini. Oiya si Kunst ini juga termasuk kafe yang menunya udah setara ama kafe-kafe di Bandung sih kalo menurut aku, jadi semoga aja doi panjang umur jadi kalo pun aku udah lulus dan tiba-tiba ngidam Salsa Rosa aku gak akan kelimpungan!

*udah ditulis lama banget

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s