Mistake

Teman SMA ku pernah bercerita soal seorang cewek di SMPnya dulu. Namanya, sebut aja Mia. Sangat cantik dan termasuk anak yang populer di SMP nya. Kelas 2 SMP Mia melahirkan seorang anak cowok dan ia pun terpaksa”dipindahkan” ke Bali oleh orangtuanya selama 1 tahun. Barulah di tahun berikutnya Mia lanjutin SMA di Bandung dengan status punya satu anak.

Lama gak terdengar kabarnya, aku penasaran ingin menengok keadaan Mia yang sekarang. Rupanya kini dia berkuliah di ITB dan si anak sudah tumbuh besar, mungkin usianya 7 tahun. Mia jadi Mamah Muda aka Mahmud yang super cantik dan keliatan bahagia. Dia sering ngepost foto anaknya di IG.

Dan ada satu foto yang bikin aku terharu, di foto itu tampak potret Mia, anaknya dan “Ayah” si anak. Mia said, walaupun dia punya mesin waktu dia bakal tetap memilih keadaanya yang sekarang, keadaan dimana pas baru 21 tahun dia udah punya seorang anak berusia 7 tahun yang amat dia sayangi. Dia gak menyesali semua kejadian yang menimpanya dulu. Walaupun dia jadi bahan omongan orang, walaupun dia harus menanggung beban yang gak mudah dari usia yang sangat muda.

I think she is incredible. Terlepas dari apa yang orang cap sebagai “kesalahan dia di masa lalu”, Mia terus melanjutkan hidupnya dan gak terus-menerus mengutuk masa lalu. 

Dan barusan seorang teman nangis gara-gara bermasalah sama seorang dosen karena dia bikin sebuah kesalahan. It sucks, but as clichΓ© as it sounds, mistake always teach us something. It could be changing your entire life or could only makes you smile while thinking how lucky you are to have some mistake on your life.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s