The Place of Sane

Kenapa ngeblog?

Ada beberapa alasan yang membuatku memilih blog sebagai tempat aku menuangkan pemikiran. Selain senang karena pemilik diizinkan buat kostumisasi blog sesuai selera, aku yang memang dari sononya gak pedean ini lebih nyaman kalo bisa menulis di media yang gak banyak “dilewati banyak orang lalu-lalang”.

Rasanya lega, gak ada beban, gak khawatir, gak merasa harus memenuhi ekspektasi apapun. Aku menulis pure buat menuangkan apa yang aku pikirin dan aku rasain, karena kayaknya aku bakal ngos-ngosan parah kalo ngeblog ini ditujukan buat orang-orang tertentu atau aku merasa ngeblog ini jadi kewajiban yang punya visi dan misi di dalamnya.
Nggak deh, aku udah terlanjur nyaman mendiami rumah yang gak ramai ini, tanpa target dan pretelan lainnya.

Di blog ini, aku hanya ngefollow beberapa teman dekat. Gak lebih dari enam orang, ini yang bikin aku jatuh cinta sama WordPress haha, aku bisa baca cerita-cerita yang dibikin sama orang-orang terdekat aku, rasanya kayak ada di lingkaran yang lebih personal.

Jadi kalo kamu adalah kaum manusia yang merasa tenang dan nyaman kalo bisa curhat di medsos yang gak berisik, maka ngeblog adalah jawaban yang pas he-he. 

Urusan “personal gak personal” ini termasuk hal yang serius buat aku.

Di tahun pertama ngeblog which is 3 tahun yang lalu aku sempet risih dan gak nyaman saat tahu ada seorang teman -yang gak begitu deket-deket amat- tau blog aku. Rasanya kayak “Duh ngapain sih lo pake tau blog gue segala!”. Aku ngerasa jadi gak bebas buat bercerita lagi, gak suka aja makanya aku ganti alamat blognya jadi nama blog yang sekarang.

Itu adalah momen yang menyadarkan aku kalo aku emang butuh banget dan menjunjung tinggi yang namanya privacy space (cie gitu). Tapi seiringnya waktu aku jadi pede dan lebih terbuka buat ngeshare tulisan aku walau tetep ngesharenya juga di tempat yang sepi lagi alias Twitter haha.

Dan seiring bertambahnya usia blog ini, aku juga punya beberapa teman dekat yang ngefollow blog ini. Ya aku lebih terbuka banget. But still rasa insecurenya tetep ada karena pas seorang sepupu ngefollow Instagram aku, aku langsung menghapus alamat blog yang ada di bio Instagram aku. Yha maaf abis..

Rasanya menakutkan kalo aku jadi gak bisa nulis di blog lagi gara-gara sepupu aku itu baca atau bahkan ngasih tau orangtuanya yang rese tentang blog ini. Ya, I must admitting, I’m a lil bit serious when it talks about “private space”.

***

Beberapa hari yang lalu aku baca tulisan panjang [curhat] seorang cewek di LINE tentang kegelisahannya sama akun-akun penjual kata-kata galau, golongan darah and anything else on LINE. Layaknya aku yang suka curhat di blog, cewek ini juga secara panjang lebar mengemukakan pandangan dia di medsos dalam hal ini LINE, but this one.. Hmm..

Curhat cewek ini mengundang perdebatan, kalimat-kalimat yang kental rasa “adu saling hebat dan benarnya”, bahkan hampir pertengkaran.
Terus aku menengok home LINE cewek ini. Isinya adalah curhat alias kritik dari dia akan berbagai hal. Yang lagi-lagi kalo ditengok kolom komentarnya, dipenuhi sama perdebatan sengit.

Saat ngelihat semua perdebatan itu rasanya aku mau langsung kabur dan ngumpet di blog ini. Rasanya mumet ngelihat banyaknya perdebatan yang ada di kolom komentar cewek ini. 

Analoginya, aku enggan buat melihat atau terlibat sebuah demo dan lebih memilih buat kabur ke rumah sendiri yang sepi dan nyaman.

And I think this “blogging on my very own site which not included too many people” is the things that keep me sane. This “place” is my first destination whenever I feel I want to running away, just like when I make this piece of “curhat”.

*Udah ditulis lama tapi baru rampungin hari ini.


Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s