Nate Ruess: Romantisme Patah Hati dalam Album Solo Perdana

Namanya lebih dikenal sebagai pentolan grup musik asal Amerika Serikat, Fun. dan seorang vokalis bersuara khas yang kerap dimintai untuk berkolaborasi, salah satunya oleh Eminem. Ia juga merupakan sosok yang dimintai alasan perihal cinta oleh Pink dalam lagu hit “Just Give Me a Reason”.

Sosok tersebut adalah Nate Ruess. Ia khusus terbang dari Seoul, Korea Selatan ke Jakarta untuk memperkenalkan dirinya dan sekaligus album solo perdananya.

Usai perjalanan panjang bersama Fun. dan kolaborasi dengan musisi lain, Ruess memantapkan diri untuk keluar sejenak dari “rumah” yang nyaman demi menghirup udara segar dan merumuskan apa yang selama ini ingin ia ciptakan dalam sebuah album solo.

Langkah besarnya tersebut akhirnya terwujud dalam Grand Romantic. Sebuah kompilasi patah hati terkait hubungannya dengan sang kekasih dan pembuktian dirinya setelah 15 tahun bergabung dalam sebuah band.

“Saya mengalami kisah cinta yang hebat untuk menginspirasi pembuatan album ini,” ujar Nate saat ditemui Rolling Stone belum lama ini pada acara jumpa pers peluncuran album Grand Romantic yang diselenggarakan Warner Music Indonesia di Hard Rock Cafe, Jakarta.

Indonesia menjadi negara Asia Tenggara pertama yang didatangi Ruess dalam rangka promosi album solonya . Ia tiba di Jakarta pada hari Kamis (30/7), dan disambut oleh teriakan para penggemar yang sudah siap menanti kedatangannya di bandara.

Ruess tampak begidik saat melihat rekaman yang memperlihatkan antusiasme penggemarnya tersebut. “Saya sama sekali tak menyangka ada yang mendengarkan musik saya (di Indonesia),” ujar pria berusia 33 tahun tersebut. “Saya diberitahukan untuk datang ke Jakarta dan mengapa tidak? Ada bir yang sangat enak menanti kedatangan saya di sini, dan tentu saja kalian semua,” ujar Ruess sembari tertawa.

Tampil kasual dengan kaus berwarna abu dan selempang batik, hari itu Ruess meluangkan waktunya untuk berbincang-bincang mengenai album tersebut. “Saya memang selalu ingin menulis lagu tentang cinta dan inilah kumpulan lagu tentang cinta tersebut. Mengapa tidak? Namun saya tak pernah memiliki target semacam ingin membuat lagu cinta populer layaknya milik Ed Sheeran, tidak sama sekali,” imbuh Ruess.

Grand Romantic berisi 12 lagu yang dicipitakan oleh Ruess. Single pertama dari album tersebut, “Nothing Without Love” dirilis pada Februari lalu. Video musiknya memperlihatkan Ruess yang terombang-ambing di tengah lautan, seakan-akan putus asa dan akhirnya membuat pengakuan: dirinya bukanlah apa-apa tanpa cinta. Rupanya, ia sengaja memilih “Nothing Without Love” sebagai single pertama karena maknanya yang amat mewakili kisah cinta Ruess.

Meskipun begitu, Grand Romantic tak melulu bicara soal kisah cinta yang suram. “Saya memang mengalami kisah cinta yang begitu hebat namun kehidupan di luar percintaan juga memberikan saya inspirasi,” ujar Ruess yang pada kesempatan jumpa pers tersebut menyanyikan “Nothing Without Love.”

Selang satu bulan setelah perilisan video musik “Nothing Without Love”, Nate meluncurkan video “AhHa” dan “Great Big Storm” yang menampilkan puluhan pemain marching band mengiringi dirinya bernyanyi di bawah guyuran hujan.
Meskipun memilih “Great Big Storm” sebagai video musik favoritnya, Ruess membantah dirinya adalah pecinta hujan.

“Saya membencinya. Di “Nothing Without Love” saya harus terombang-ambing di laut, lalu di video ini saya harus menyanyi di bawah hujan. Saya tidak menyukainya, jika bisa sebisa mungkin saya akan menghindari air,” ungkap Ruess.

Kini, penyanyi yang mengidolakan lagu “One More Try” milik George Michael tersebut hanya disibukkan dengan promosi album solo perdana dan tur di beberapa kota di Amerika Serikat yang akan dilaksanakan mulai Agustus tahun ini.

Status Fun. sendiri saat ini memang vakum sejenak dari dunia musik karena kesibukan masing-masing personelnya. Saat disinggung mengenai kerinduannya bermain musik bersama Fun., dengan mantap Ruess menggelengkan kepala.

“Tidak, tidak (rindu) sama sekali. Saat ini saya hanya ingin fokus terhadap album ini,” ujar Ruess.

Untuk artikel aslinya dapat dilihat disini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s