Things I Learned From Acne #1

22
Bikin di canva.com

Akui deh, pas kulit kita bermasalah seperti jerawatan pasti jari kita langsung mengetik kata-kata semacam “cara menghilangkan jerawat” atau “pengalaman menghilangkan jerawat” di ponsel kita kan? Nah, dari sekian banyak informasi dari artikel-artikel yang ada di internet itu ada berapa banyak sih tips-tips yang langsung kita ingat-ingat dan kita praktikan?

Jujur, saat mukaku diterjang pasukan jerawat Juli 2016 lalu aku lebih sering baca info-info soal jerawat yang belum pernah aku dengar sebelumnya. Informasi seperti pentingnya exfoliating, penggunaan pelembab, penggunaan sunscreen, hal-hal yang sifatnya technical dan berhubungan sama skincare routinity banget. Sementara, info-info yang terdengar klise seperti “minum air putih yang banyak” atau “kurangi makan gorengan” cuma aku baca sekilas dan aku abaikan begitu saja.

Sampaaai suatu hari, aku mengalami sendiri akibat dari mengabaikan informasi atau tips-tips untuk menghindari jerawat yang terdengar sepele seperti itu. Jadi sebenernya apa aja sih informasi soal jerawat yang sering kita pandang sebelah mata tapi ternyata penting banget buat disimak baik-baik?

  1. No Dirty Hands, Please!
teendotcom
teen.com

Saat kondisi kulitku udah membaik which mean jerawat-jerawat kecil udah pada “meredup” dan kulit tidak terlalu kering lagi, secara tanpa sadar tanganku suka bandel megang-megang muka. Daaan percaya gak percaya, beberapa menit setelah aku pegang-pegang, ada satu jerawat langsung muncul! Reaksinya itu cepat banget! Lihat video ini  buat tahu kenapa emang kita gak boleh sering-sering megang muka, apalagi kalau tangannya lagi kotor. The lessons is jangan langsung terbuai saat kondisi kulit udah membaik dengan memegangnya pakai bare hands ya kalau gak mau si jerawat balik lagi dan lagi.

  1. Watch What You Eat
giphy
giphy.com

Aku pernah ada di masa-masa bingung banget karena si jerawat ini produktif banget munculnya. Seakan-akan tiap malem semua jerawat ini bangkit dari permukaan kulit aku. Nah setelah diperhatikan, aku merasa jerawatku suka semakin banyak kalau aku habis makan makanan super berminyak seperti sate jeroan, kol goreng dan gorengan. Kerasa aja besoknya langsung ada jerawat gitu. Hal yang sama juga terjadi setelah aku minum minuman bersoda, biskuit dan es krim. Nah aku pun mulai ngurangin makanan-makanan itu selama dua mingguan dan ngaruh lho! Beneran, mukaku jadi agak kalem dan jerawatan gak muncul terlalu sering. Jerawat sendiri kan didorong oleh produksi minyak berlebih ya, jadi memang sudah sepantasnya kita menjaga pola makan dengan menghindari dulu junk food atau processing food. Aku juga merasa jadi gampang jerawatan semenjak jarang makan sayur dan berhenti minum air lemon+madu lagi. Well, ubuh emang gak pernah boong lho, saat kita memberikan hal-hal buruk ke tubuh ya hasilnya adalah penyakit seperti jerawat. Btw, pipiku mulai dihinggapi lagi jerawat kecil-kecil pas aku mulai makan mie instan dan berbagai jajanan gak sehat lain kayak seblak huhu. Percayalah, apa yang kita makan dan minum berpengaruh banget.

  1. Water Never Lie
tumblr
tumblr.com

Ibaratnya penjernih, air putih itu alat buat detoks tubuh yang paling murah dan mudah dicari sebenarnya. Air putih itu berfungsi sebagai pembuang racun di tubuh jadi memang bukan lagi disarankan untuk diminum tapi udah wajib hukumnya buat rutin diasup ke dalam tubuh. Sebenarnya gak ada pakem pasti soal berapa kali sebaiknya kita minum dalam sehari sih. Tapi kita dianjurkan untuk selalu minum setiap kita merasa haus saja. Nah, pas aku stop makan makanan manis, pedas dan gorengan dulu itu aku juga melengkapinya dengan banyak-banyak minum air putih and it really works. Banyak minum air putih saat jerawatan juga bikin kulit kita gak dehidrasi lagi which mean melembabkan kulit tanpa membuatnya jadi berminyak. Mending stop dulu mengkonsumsi semua minuman manisnya ya?

  1. Change Your Bed Sheet or Basically Clean Your Bedroom
seventeen
seventeen.com

Ini nih, tips yang paling sering aku abaikan karena emang pada dasarnya malas hehe. Jadi selama bulan Desember 2016 itu kondisi kulitku udah membaik banget. Jerawat kecil-kecil udah gak ada, kulit udah gak kering, sekilas aku menganggap kondisi kulitku udah normal lagi. Nah, classic me habis merasa semuanya udah normal lagi aku pun kembali melakukan kesalahan. Setiap tidur aku menempelkan bantal ke muka karena gak mau denger suara-suara berisik di luar. Beberapa hari kemudian, tepatnya awal Januari 2017 bermunculanlah dua jerawat besar yang merah banget di pipi. Nice surprise banget ya 🙂 Duh, rasanya kesal dan nyesel kemaren-kemaren malah tidur kayak gitu. Lalu jadi berpikir juga, mungkin emang selama ini sprei, kasur dan selimutku kotor dan perlu diganti. Jadi mungkin banget kalau selama ini jerawat di muka bandel dan gak hilang-hilang karena tempat tidur kita berdebu.

  1. Clean Your Fan/AC Too!
giphy1
giphy.com

Hal yang sama juga berlaku buat kipas angin atau AC. Kalian yang di kamar tidurnya pakai AC atau kipas angin perlu rutin membersihkan dalemnya karena kedua alat ini berfungsi juga dalam mengatur sirkulasi udara yang menerpa kulit kita. Intinya, balik lagi ke persoalan debu dan kotoran. Kan sama aja kalau kita udah ganti sprei dan selimut tapi tanpa sadar AC atau kipas angin kita yang sudah sangat berdebu masih digunakan. Nempel lagi, nempel lagi!

  1. Change The Towel Too
onediodotcom
onedio.com

Handuk pun menjadi salah satu hal yang mesti kamu perhatiin. Handuk yang gak diganti-ganti atau gak dicuci berbulan-bulan lamanya mungkin banget jadi sarang debu dan bakteri. Dan bayangkan kalau setiap hari kamu menepuk-nepuk muka sama handuk yang kotor? Bisa jadi semua proses pembersihan muka yang udah kita lakukan menjadi percuma karena debu yang menempel di handuk kembali menutupi pori-pori kulit. Benar-benar hal kecil yang sering kita lupakan banget!

  1. Stress is Real, Dear People!
tumb;r dot com
tumblr.com

Sengaja aku taruh paling terakhir karena stres adalah musuh yang paling jago sembunyinya, dia gak selalu menampakan diri tapi diam-diam paling berpengaruh dalam memunculkan jerawat! Saat mengerjakan skripsi, jujur, aku mengakui kalau aku stres. Tapi ya gak lebay-lebay banget sih aku masih suka main, ya bersenang-senang intinya. Tapi sepertinya tanpa aku sadari, tekanan di dalam diri aku ini jauh lebih besar dari yang aku bayangkan. Saat aku merasa udah jaga makan, olahraga, pakai produk yang so far cocok-cocok aja tapi si jerawat ini suka gila-gilaan munculnya aku yakin ini urusannya udah sama hormon dan stres. Jadi dengarkanlah tubuh kita baik-baik. Jerawat mungkin jadi salah satu alarm kalau pikiran kita terlalu stres lho. Coba tenangkan hati dan pikiran barang lima atau sepuluh menit aja dengan meditasi. Aku download app namanya Stop, Think & Breath dan lumayan bikin hati gak dag-dig-dug melulu memikirkan masalah. It really help me to pause the stress even for five or ten minutes.

Beberapa hal di atas adalah info-info buat menghilangkan jerawat yang sering aku anggap remeh but it turns out memang perlu banget dipraktekin. Serius, aku udah mengalaminya sendiri! Hehe. Oh iya, tulisan ini juga menjadi pembuka cerita mukaku yang berjerawat di blog ini. Rencananya aku masih akan banyak cerita soal pengalaman kulitku yang diserang jerawat semenjak mengerjakan skripsi ini huhu. Semoga bermanfaat!

Cheers, F

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s