I Learn My Lessons #Acne Story

#meandmyacnestoryi learn my four important lessons1
Bikin di canva.com

Jujur walaupun aku anak yang cuek, rupanya tetap aja bukan hal yang mudah untuk menerima kondisi kulit yang diserang banyak jerawat (di pipi pula) belakangan ini. Aku sempat ada di tahap stres banget, gak mau ngaca bahkan sampai berhenti cuci muka saking frustasinya. Sebelumnya, aku udah cerita soal masalah jerawat yang menimpaku di tahun 2016 kemarin, tepatnya saat memulai skripsi di bulan Juli.

Mukaku yang tadinya fine-fine aja dihinggapi satu, dua sampai lima jerawat di pipi sampai sekarang. Awalnya, untuk mengatasi masalah ini aku mencoba beberapa produk penghilang jerawat. Dari yang mahal sampai yang murah aku mencoba satu-satu. Tapi bisa dibilang produk-produk itu gak semuanya ampuh. So, bye-bye money! Yah, namanya juga usaha. Trial and error itu udah pasti.

9e6c0ea61b73543ed69a021537b12c3428094722252e89dea32d9ebc08096b13

via quickmeme.com

Lalu, Agustus 2016 sampai Februari lalu bisa dibilang sebagai masa-masa terberat aku menghadapi masalah ini. Yup, bukan lagi soal ngadepin si jerawat tapi ngadepin diri sendiri yang jadi stres, gak PD, frustasi or you name it. Mungkin terdengar lebay, tapi aku benar-benar melalui masa-masa jerawatan itu dengan gak mudah. Siapa sih yang gak bete kalau kondisi kulitnya yang super fine tiba-tiba berubah jadi break out?

Tapi, sejak Maret aku udah gak terlalu ambil pusing dengan masalah ini. Aku berharap dengan gak terlalu fokus mikirin masalah ini si masalah jerawat pun hilang dengan tanpa aku sadari. Dan dipikir-pikir pengalaman jerawatan ini bener-bener ngasih pelajaran penting buat aku. Bukan yang bersifat teknis soal ‘jadi tau cara ngehapus makeup yang benar’ atau ‘spot treatment apa yang bagus buat jerawat’. Bukan, aku ngerasa jerawat telah menyadarkanku akan empat hal ini:

  1. Be Thankful

    #meandmyacnestoryi learn my four important lessons1 (1)

Selalu syukuri kondisi kamu yang sekarang. Kadang pikiran negatif selalu mengubur hal-hal lain yang sebenernya gak selalu buruk. Misal, di bulan September lalu jerawat di pipiku hanya ada dua. Itu pun bukan jerawat besar melainkan hanya jerawat kecil yang sebenernya kalau dikasih obat totol kayak Clean and Clear bisa hilang. Tapi, karena stres dan takut, aku mengobatinya dengan berbagai treatment yang ternyata bikin kondisinya lebih parah. Alhasil bulan Oktober pun jerawat nambah jadi lima. Maksudku, setelah aku menengok ke belakang aku baru bakal sadar kalau dua jerawat yang kemarin itu sebenernya bukan masalah besar. Tapi aku yang suka stres sendiri terkadang gak sadar udah bikin masalah itu jadi lebih complicated dibandingkan yang semula.

  1. Don’t Lock Yoursef

    #meandmyacnestoryi learn my four important lessons1 (2)

Dari apa yang aku alami stres mikirin jerawat itu gak enak banget. Aku bahkan sampai males banget pergi kemana-mana atau sekalinya pun pergi aku selalu pake masker! Iya, saking gak pedenya. Pokoknya gak happy, minder kalau ada orang ngajak ngobrol karena takut orang mikir “Ih kok kulit dia jadi gitu sih, kok gak semulus dulu sih”. Yes people, negativity really consumed me a lot! Tapi pada akhirnya, tepatnya Maret lalu aku udah gak ambil pusing kayak dulu. Belajar dari pelajaran pertama di atas, tiap ngaca aku malah mikir “OK, don’t make it worst. Now you better than yesterday. Don’t ruin it again!”. Rupanya, salah satu cara untuk bisa mengatasi masalah breakout ini ya berdamai dengan diri sendiri. I know it’s really hard but when I embrace my flaw I just think my condition is not that worse.

  1. Nobody’s Perfect

    #meandmyacnestoryi learn my four important lessons1 (3)

Gak bisa dipungkiri, lagi jerawatan dan liat muka vlogger atau blogger yang super mulus dan kinclong itu bikin bete, iri, sebel hehe. Saking betenya, aku yang tadinya rutin banget nonton vlog salah seorang beauty vlogger gitu jadi males dan berhenti nontonin dia haha karena bete liat mukanya yang super mulus. But, I learn that those vlogger or blogger is not as perfect as I saw them on the screen or Instagram. Beberapa diantaranya juga punya flaw kayak bekas jerawat, komedo atau bopeng. So, stop comparing yourself. It’s tiring and won’t get you anywhere *I’ve been there a lot*.

  1. ‘Talk With Your Body’

    #meandmyacnestoryi learn my four important lessons1 (4)

Hmm, semenjak jerawatan aku jadi mikir “Apa jangan-jangan tubuh gue lagi ngasih sinyal ya? Sinyal buat stop makan gorengan, mie instan atau junk food?” Pertanyaan itu muncul karena di masa-masa setiap hari aku makan ayam goreng, jeroan dan kol goreng bisa dibilang jerawatan subur banget. Sama halnya pas aku lagi banyak makan yang manis-manis. Saat aku mengurangi konsumsi makanan-makanan gak sehat kayak gitu dan banyak minum air putih bisa dibilang jerawat ga muncul seagresif bulan-bulan kemarinnya. Tapi, karena aku bandel makan lagi junk food jerawat pun balik deh.

Udah bosen sih sebenernya ngingetin diri sendiri buat jaga makanan *haha* tapi aku berpikir bisa aja jerawat itu cuma salah satu bentuk ‘sinyal’ yang muncul ke permukaan sebagai pertanda ada yang salah sama tubuh. Padahal bisa aja masih ada banyak masalah lainnya, cuma gak ada tandanya aja *semoga aja ngga* Jadi setelah berulang kali diserang jerawat aku pun merasa udah emang saatnya mendengarkan tubuh baik-baik. Karena bukan gak mungkin jerawat itu pertanda ada yang ga beres sama tubuh kita. So, listen, listen and listen your body!

Sejauh ini sih aku merasakan empat pelajaran di atas banget. Zit’s problem sucks but as cliche as it sounds it also give me some important lessons to value myself. But still. I hope this problem won’t get any worse. Amen!

Advertisements

3 thoughts on “I Learn My Lessons #Acne Story

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s