One thing unlock

Awalnya, emang udah niat kalo pas setahun kerja mau bikin tulisan buat memperingatinya. Tulisan yang merangkum keluh kesahku sebagai orang dewasa tanggung pada umumnya, yang baru belajar kerja dan terjun ke kerasnya dunia baru setelah lulus kuliah.

Tapi..

Entah kenapa rasanya malah kelu pas mau cerita banyak. Kayak ada sesuatu dari dalam diri yang nahan. Sesuatu yang merasa lebih benar jika perasaan lengkapku soal setahun kerja disimpan untuk diri sendiri.

Pada akhirnya,

Aku hanya mau bilang. Kalau jawaban yang aku cari setahun yang lalu ternyata ku temukan di tanggal 16 Agustus 2017.

Pertanyaan soal “Gimana nasibku setelah lulus, mungkin gak aku dapet kerja, aku harus jadi apa” dan segudang pertanyaan lain yang mengusikku sejak lulus kuliah telah dijawab sekarang.

Aku sudah setahun belajar bekerja, belajar menghidupi diri dari keringat sendiri dan belajar lebih mengenali diri sendiri di tempat ini.

Tempat yang diisi banyak kepala, banyak sifat, banyak ilmu, banyak suka, banyak tidak suka, yang pada akhirnya sedikit mengubah diriku sekarang.

Iya,

Pada akhirnya aku menemukan jawaban dari pertanyaan setahun yang lalu di tempat yang tidak pernah ku duga sebelumnya, dari orang yang tidak pernah terbayang sebelumnya.

Jujur,

Saat ini aku ragu apakah memang ini tujuan akhir dari perjalananku, atau malah hanya berupa satu kunci yang baru terbuka..dan hanya tinggal menunggu waktu untuk bisa membuka pintu-pintu lainnya?

Aku tidak tahu. Tidak pernah tahu tapi tak menutup diri untuk mencari tahu.

Biar ku catat ini sebagai pengingat.

Entah itu untuk dibaca satu, dua atau berpuluh-puluh tahun lagi.

Bandung,

18 Agustus 2018

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s