Ternyata Ada!

Semua orang punya rasa takut akan hal yang berbeda-beda. Takut badut, takut ketinggian sampai takut bertemu orang baru. Sedikit aku tahu, rasa takut yang beragam itu biasa disebut phobia. Dari dulu aku menganggap cuma hal-hal “serius” yang bisa dilabeli phobia. Dulu, pikirku, “Ya kali takut ama segala hal yang berlubang bisa disebut phobia?!” Eh, taunya.. diantara tujuh milyar manusia yang ada di muka bumi ini beberapa diantaranya punya rasa takut yanga amat besar sama hal-hal berlubang dan itu disebut trypophobia. Eh,eh.. setelah aku cari-cari lagi ternyata phobia itu ada banyak jenisnya dan..bener-bener bisa meliputi hal.

Dari situ aku mikir..

Apakah rasa takutku sama si “itu” ada phobianya juga?

Apakah rasa takutku sama si “itu” dialami orang lain juga?

Apa sih si “itu”?

Si “itu” tak lain dan tak bukan adalah URAT!!

YA AKU SANGAT TAKUT LIAT URAT!!

Aku sangat, sangat, sangat, sangat benci dan gak bisa lihat urat yang meregang di pergelangan tangan sama di leher. Tahu kan kalo orang lagi ngangkat barang, urat nadinya meregang? (duh nulis ini udah bikin aku menekuk pergelangan tangan karena bisa ngerasain si urat nadi terasa tegang), terus tau kan kalo orang lagi teriak atau marah urat nadi di lehernya keliatan? Nah, bagiku, itu adalah hal yang sangat, sangat, sangat mengerikan.

Dan ini adalah satu hal yang paling gak bisa aku toleransi.

Maksudku, aku benci kucing tapi aku masih bisa jalan lewatin mereka, atau aku masih bisa biasa aja kalo papasan ama kucing. Tapi urat meregang di tangan ama leher?

Aku gak bisa menoleransinya. Gak bisa banget!

Entah kenapa kalo liat urat meregang di leher aku refleks langsung memiringkan kepala atau kalo liat urat nadi seseorang meregang aku pasti akan langsung menekuk pergelangan tanganku.

Rasa takutku itu bahkan udah kebawa ampe tidur. Iya, tiap tidur aku menekuk pergelangan tidurku! Setiap hari! Karena aku gak suka posisi pergelangan tidur yang terlentang, rasanya urat nadiku terekspos dan aku gak bisa tidur nyenyak!

Rasa takut ini juga bikin aku gak kuat baca berita tentang bunuh diri yang menyayat pergelangan tangan, rasa takut ini bikin aku selalu refleks menekuk si pergelangan tangan pas lagi megang pisau karena rasanya takut banget liat benda tajam deket urat tangan. Terus contoh lainnya, kalo lagi nonton film terus si aktor itu bau-baunya bakal teriak atau marah aku pasti otomatis nutup bagian leher dia KARENA TAKUT BANGET!

Asli, gak ngerti gimana jelasin rasa takut ini ke orang. Aku bingung gimana jelasin kalo aku gak mau disuntik di pergelangan tangan. Aku gak bisa jelasin rasa takut liat tato di pegelengan tangan. Aku gak bisa..

Jadi karena udah ngerasa perasaan takut ini mulai ganggu ampai suatu hari aku ngetik kata-kata kunci kayak “takut sama urat” “takut sama pergelangan tangan” di Google, tapi itu gak membuahkan hasil. Dari situ aku mikir rasa takutku itu cuma rasa takut yang gak rasional.

Sampai kemarin aku nonton ini:

Rasa penasaranku buat nyari tau soal ketakutanku ke urat muncul lagi. Jadilah ,barusan, aku ngetik…..” Fears of vein” dan……

Munculah ini!!!!!!!

Capture

TERNYATA ADAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA!!!!!!

Aku lalu nyari lebih lanjut soal si venephobia ini dan dari hasil pencarianku, bisa aku simpulkan kalo si phobia ini kayaknya gak bisa dijelaskan secara medis gitu. Kalo googling juga masuknya ke ‘urban dictionary’. Tapi walaupun gitu, yang bikin aku seneng banget adalah…ya karena ada penjelasan buat rasa takutku sama urat! Dengan adanya nama ‘venephobia’ ini aja aku jadi tau kalo di luar sana ada juga yang ngalamin rasa takut seperti yang aku alami!

crazy-dance

Btw, aku udah takut sama urat tangan dan leher sejak SD, jadi…rasanya pas tau kalo perasaan takut ini termasuk phobia? Bener-bener mecahin rasa penasaran! Seneng gak tau kenapa haha!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s